Dalam tulisan sebelumnya sudah dibahas sekilas tentang LMS (Learning Management System), dan pada tulisan kali ini akan dibahas beberapa platform dari LMS yang berkembang saat ini, fukus pembahasan kali ini adalah akan menampilkan LMS menggunakan PHP dan Database server, dimana aplikasi dapat digunakan secara Online dengan internet atau dikoneksikan dengan jaringan local.
MOODLE
LMS
Ini adalah aplikasi web gratis bagi pendidik dan mungkin salah satu LMS gratis
yang paling populer di pasaran pada saat ini. Moodle adalah perangkat lunak LMS
open source
sehingga terus-menerus ditingkatkan dan dikembangkan. Namun, Anda mungkin perlu
menyewa pihak ketiga untuk menyesuaikan platform-nya
agar sesuai dengan kebutuhan Anda. Gratis bukan berarti Anda tidak perlu
mengeluarkan uang, namun Anda patut mencobanya. Mungkin saja fitur yang sudah
langsung tersedia cocok dengan kebutuhan Anda.
Karena
Moodle adalah pemain besar open
source dalam ranah LMS, Moodle didukung oleh komunitas yang besar
dan aktif dengan ribuan plugin
dan pilihan untuk menyesuaikannya dengan spesifikasi yang tepat bagi Anda.
Selain itu, terdapat banyak dokumentasi online
tentang Moodle untuk membantu Anda serta banyak kursus langsung pakai yang
dapat Anda gunakan daripada membuat konten Anda sendiri. Akan tetapi, semua ada
biayanya, dan Moodle sering dikritik karena terlalu rumit dan sulit dipelajari
oleh orang awam. Kekurangan lainnya adalah sistem pelaporan yang tidak lengkap
dan tidak ada cara mudah untuk mengelola kelompok peserta didik.
CHAMILO
LMS Ini juga berbasis website dan mempunyai code
sumber yang dapat dipergunakan secara gratis dan bersifat opensource. Aplikasi
ini juga menggunakan webserver untuk dapat dijalankan, Chamilo
menitik beratkan pada pembangunan portal E-learning. Chamilo sendiri memiliki
fungsi yang sama dengan aplikasi E-Learning lainnya seperti Moodle, Dokeos, A Tutor, eFront dan
sebagainya.
Chamilo adalah perangkat lunak gratis (di bawah
GNU/GPL lisensi) e-learning dan manajemen konten sistem, yang bertujuan untuk
meningkatkan akses pendidikan dan pengetahuan secara global. Hal ini didukung
oleh Chamilo Association, yang memiliki tujuan termasuk promosi
perangkat lunak, pemeliharaan saluran komunikasi yang jelas dan pembangunan
jaringan penyedia layanan dan kontributor software.
ATUTOR
ATutor adalah Sistem Manajemen
Pembelajaran Berbasis Web (LMS) berbasis opensource yang
digunakan untuk mengembangkan dan memberikan kursus online. Administrator dapat
menginstal atau memperbarui ATutor dalam hitungan menit, mengembangkan tema
khusus untuk memberi ATutor tampilan baru, dan dengan mudah memperluas
fungsionalitasnya dengan modul fitur.
Pendidik dapat dengan cepat mengumpulkan,
mengemas, dan mendistribusikan kembali konten pembelajaran berbasis web,
mengimpor konten yang dikemas dengan mudah, dan melakukan kursus mereka secara
online. Siswa belajar di lingkungan belajar sosial yang mudah diakses, adaptif,
dan mudah dipahami. Coba demo untuk mengalami ATutor sendiri. Unduh ATutor
untuk mendapatkan salinan Anda sendiri.
Standar
FORMA LMS
Standar
FORMA LMS
Forma Learning Management System (LMS)
adalah platform manajemen pembelajaran yang lengkap Edisi komunitasnya dibangun
di atas LAMP / LEMP stack dan memungkinkan pengguna dan pendidik untuk
mengelola dan memberikan kursus pelatihan online dan berbagi di banyak
perangkat ...
Forma LMS memastikan kepatuhan dan manajemen kompetensi yang konsisten untuk industri yang sangat diatur banyak bisnis menggunakan platform Forma LMS untuk melakukan sesi pelatihan bagi karyawan ...
Beberapa fitur-fiturnya termasuk, memungkinkan siswa dan integrasi yang mudah dengan perangkat lunak intranet, yang memperluas fungsinya dengan berbagai plugin….
Forma LMS memastikan kepatuhan dan manajemen kompetensi yang konsisten untuk industri yang sangat diatur banyak bisnis menggunakan platform Forma LMS untuk melakukan sesi pelatihan bagi karyawan ...
Beberapa fitur-fiturnya termasuk, memungkinkan siswa dan integrasi yang mudah dengan perangkat lunak intranet, yang memperluas fungsinya dengan berbagai plugin….
0 komentar: